Bayam


BAYAM
Bayam, dengan nama latin "Spinacia oleracea", merupakan sayuran yang memiliki kandungan nutrisi tinggi, sehingga bayam dimasukkan dalam deretan "King of Vegetables" (Raja Sayuran). Bayam kaya akan kandungan nutrisi vitamin dan mineral. Vitamin yang terdapat dalam bayam antara lain vitamin A, vitamin B1 (thiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niacin), vitamin C, vitamin E, dan vitamin K. Sementara mineral yang terkandung dalam bayam di antaranya terutama zat besi, dan serat (fiber), magnesium, potassium, selenium serta kalsium. Tidak hanya itu, tembaga, fosfor, dan zinc (seng) juga ada di sayuran bayam ini. Namun bayam hanya mengandung sedikit kalori. Khasiat herba yang bisa diperoleh dari mengonsumsi bayam adalah dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan bisa menahan timbulnya penyakit katarak.

Namun, ada hal yang perlu diperhatikan di balik kekuatan bayam yang luar biasa tersebut karena terselip kelemahan bayam yang tidak boleh diabaikan. Jika mengolah bayam dalam panci aluminium atau telah melewati masa pemasakan lebih dari 5 jam, kandungan zat besinya dapat menyebabkan keracunan. Selain itu, memasak bayam terlalu lama di atas api bisa menghilangkan kandungan nutrisinya. Bagi penderita asam urat dan rematik disarankan untuk menghindari mengonsumsi sayuran ini. Kandungan zat purin yang tinggi pada bayam dapat diubah oleh tubuh menjadi asam urat sehingga menimbulkan efek ngilu pada beberapa bagian tubuh terutam tulang, bahkan bisa sampai membentuk batu pada ginjal.

Zat oksalat yang terkandung dalam bayam memiliki pengaruh buruk bagi penderita ginjal dan batu empedu. Walaupun bayam kaya kalsium, zat oksalat dapat menghalangi tubuh menyerap mineral ini. Zat goitrogen pada sayur bayam juga dapat mengganggu fungsi kelenjar tiroid untuk menghasilkan hormon tiroksin yang penting untuk mencegah penyakit gondok.

Namun konsumsi setengah cangkir bayam rebus setiap hari cukup untuk menjaga kesehatan tubuh.

Khasiat Bayam Bagi Kesehatan :
- Mencegah kanker. karena memiliki banyak klorofil (zat hijau daun), bayam mengandung unsur "karetenoid" termasuk "betakaroten" yang diyakini bisa mencegah timbulnya kanker.
- Kesehatan mata. Salah satu penyakit mata adalah "age-related macular degeneration"/AMD (kemerosotan "macula" disebabkan faktor usia/umur). "Macula" adalah sebuah titik kuning berpigmen tinggi berbentuk oval dekat pusat retina mata manusia. Pigmen "lutein" dan "zeaxanthin" dalam bayam dapat membantu menjaga kesehatan mata dengan melindungi "macula" dari pengaruh kerusakan akibat radikal bebas. Kedua pigmen tersebut tidak bisa dibuat tubuh sehingga harus diserap dari makanan seperti bayam, kangkung ("lutein") dan jagung.
0 Komentar untuk "Bayam"

Silakan berkomentar yang relevan dan mohon tidak menyertakan link aktif !

Back To Top