Kucai


SAYUR KUCAI
Kucai merupakan jenis tanaman bawang yang umumnya ditanam dengan tujuan untuk dijadikan sebagai sayuran daun. Bisa juga untuk dijadikan sebagai bunga hiasan meskipun hal ini tidak lazim. Nama "kucai" berasal dari bahasa Hokkian, "kú-chhài". Sayuran ini umumnya dipakai dalam masakan Tionghoa, seperti kuetiau goreng, mi pangsit dan bubur ayam.

Ciri khas daun kucai adalah daunnya beraroma tajam dan pekat namun berbeda dengan aroma daun prei maupun daun bawang.

Pada budaya kuliner Tiongkok dan Jepang, kucai merupakan bahan campuran isi Jiaozi (Gyōza) yakni sejenis pangsit tetapi dengan kulit lebih tebal.

Kucai memiliki aneka khasiat herba untuk kesehatan tubuh karena mengandung vitamin B dan C, karotin dan unsur belerang. Kucai dipercayai dapat menyembuhkan penyakit-penyakit seperti sindrom prahaid (kram menstruasi), penyakit keputihan, tekanan darah tinggi dan sembelit.

Kucai juga berkhasiat sebagai antiseptik untuk membunuh kuman bakteri dalam usus dan menjadi perangsang atau stimulan dalam proses penyusutan serta pengembangan usus. Selain itu, kucai berkhasiat juga untuk melancarkan peredaran aliran darah, sekaligus mencegah terjadinya pembekuan darah. Cara mengkonsumi kucai untuk memperoleh khasiat kesehatan herba ini adalah dengan menumbuk daun kucai sampai hancur kemudian dicampur dengan air hangat lalu diminum. Khasiatnya akan lebih mujarab jika rutin diminum setiap pagi.
0 Komentar untuk "Kucai"

Silakan berkomentar yang relevan dan mohon tidak menyertakan link aktif !

Back To Top