Daun Kemangi


Kemangi, dengan nama ilmiah "Ocimum ×citriodorum" merupakan tumbuhan hibrida antarspesis hasil persilangan antara dua spesies selasih, yakni "Ocimum basilicum" dan "O. americanum". Daun kemangi biasanya digunakan sebagai bumbu dapur untuk keperluan kuliner, bisa dikonsumsi mentah sebagai lalap dan juga memberikan aroma harum serta segar pada masakan. Sebagian orang mengenal daun kemangi sebagai daun selasih.

Kemangi merupakan tumbuhan herba kecil tahunan dengan ciri fisik tumbuh tegak dan bercabang banyak dan berbentuk perdu. Ketinggian tanaman kemangi bisa mencapai 1 m. Bunganya tersusun di tandan yang tegak dengan daun yang panjang, tegak, berbentuk taji atau bulat telur, berwarna hijau muda dan beraroma harum seperti cengkeh. Ujung daun bisa tumpul atau bisa juga tajam, panjangnya mencapai 5 cm dengan permukaan bergerigi atau juga rata.

Nutrisi yang terkandung dalam daun kemangi di antara minyak atsiri, protein, kalsium, fosfor, besi, belerang dan senyawa arginine.

Khasiat daun kemangi untuk kesehatan antara lain :
- Untuk mengobati sariawan. Caranya : cuci bersih 50 helai daun kemangi, kunyah sampai halus selama 3 menit. Telan dan minum air hangat. Lakukan 3 kali sehari.
- Untuk mengobati diare dan muntah. Caranya : makan daun kemangi secukupnya sebagai lalapan.
- Menghilangkan bau nafas/bau mulut. Caranya : makan lalapan daun kemangi, daun kunir.
- Mengobati panu. Caranya : cuci segenggam daun kemangi, tumbuk halus. Beri sedikit air kapur sirih. Gosokkan pada kulit yang berpanu selama 2 kali sehari.
- Mengurangi bau keringat. Makan daun kemangi secukupnya sebagai lalapan makan malam. Lakukan selama satu minggu.
- Untuk kesuburan pria dan meningkatkan kualitas sperma. Senyawa arginine yang terkandung dalam daun kemangi terbukti mampu memperkuat masa hidup sperma, mencegah kemandulan dan menurunkan gula darah. Caranya : daun kemangi dikonsumsi sebagai lalapan.
- Untuk mengharumkan vagina. Caranya : ambil segenggam daun kemangi, tumbuk halus, lalu peras airnya. Tambahkan 1 sendok makan madu dan sedikit garam, aduk dan minum setiap pagi selama 5 hari berturut-turut.
Tag : Daun Herba
0 Komentar untuk "Daun Kemangi"

Silakan berkomentar yang relevan dan mohon tidak menyertakan link aktif !

Back To Top